Kamis, 20 September 2018

Apa Itu Fenomena Equinox?

earthsky.org

Equinox adalah saat dimana jalur khatulistiwa Bumi melewati tengah-tengah Matahari, atau dengan kata lain fenomena astronomi yang terjadi ketika Matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Equinox terjadi dua kali dalam setahun, sekitar tanggal 20 Maret dan 22 - 23 September.
Equinox terjadi karena Bumi mengelilingi Matahari dengan gerakan miring sekitar 23,5 derajat. Hal ini menyebabkan sinar Matahari tidak selalu tepat mengenai bagian tengah atau khatulistiwa Bumi. Selama setengah tahun, Matahari berada di belahan utara  Bumi. Dan selama setengah tahun lainnya, Matahari berada di belahan selatan Bumi. Proses perpindahan dari belahan utara Bumi ke belahan selatan Bumi ataupun sebaliknya, Matahari harus melewati garis khatulistiwa. Peristiwa inilah yang menyebabkan terjadinya equinox.
Equinox menyebakan suhu udara naik. Menurut BMKG, kenaikan suhu udara itu masih normal, sekitar 32 - 36 derajat. Tidak perlu khawatir, equinox tidak menyebabkan gelombang panas yang ekstrem.
Pada saat hari terjadinya equinox, siang hari dan malam hari memiliki durasi yang relatif sama. Equinox sendiri berasal dari dua kata bahasa Latin, yaitu aequus (sama) dan nox (malam).
Untuk belahan Bumi utara, equinox yang terjadi di bulan Maret adalah awal dari musim semi dan pada bulan September adalah awal musim gugur. Sedangkan untuk belahan Bumi selatan, equinox yang terjadi di bulan Maret adalah awal dari musim gugur dan pada bulan September adalah awal dari musim semi.
Di Indonesia, kota yang mengalami equinox adalah kota Pontianak. Di sana dibangun Tugu Khatulistiwa. Jika kita berada di Pontianak saat fenomena equinox, tepat pada pukul 12 siang, kita tidak memiliki bayangan.

Nama-nama
1. Vernal Equinox (waktu dimulainya musim semi) dan Autumnal Equinox (waktu dimulainya musim gugur).
2. March Equinox (terjadi pada bulan Maret) dan September Equinox (terjadi pada bulan September).
3. Northward Equinox (saat bulan Maret ketika Matahari melewati khatulistiwa dari selatan ke utara) dan Southward Equinox (saat bulan September ketika Matahari melewati khatulistiwa dari utara ke selatan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANGUDHARASA SEPTEMBER

(Dibuat bulan September) Urutan sasi kaping sanga ing tahun Masehi. Ing tahun rongewu selikur iki ing tahun Jawa isih nemu sasi siji/sura. ...