Jumat, 07 September 2018

Sulingi, Kulurejo, Nguntoronadi, Wonogiri

Sulingi adalah nama sebuah tempat di desa Kulurejo, kecamatan Nguntoronadi, kabupaten Wonogiri. Tempat ini berjarak sekitar 30 km dari Wonogiri kota, ke timur melalui pertigaan Ngadirojo belok kanan/selatan, melalui Nguntoronadi sampai pertigaan Karangturi lurus terus ke timur sekitar 1,2 km. Tempat ini merupakan pusat pemerintahan desa Kulurejo dan terdapat berbagai fasilitas publik.




Salah satu tempat yang terkenal dari tempat ini adalah Pasar Sulingi. Pasar Sulingi merupakan pasar tradisional yang sudah sejak dulu beroperasi dan menjadi jantung ekonomi bagi Kulurejo dan sekitarnya. Pasar ini hanya beroperasi pada pasaran Legi dan Pon (kalender Jawa) dan hanya pada waktu pagi hari. Pasar ini sangat ramai pada hari itu dengan berbagai pedagang dan pembeli dari berbagai daerah di sekitar Kulurejo. Beberapa jenis dagangan di pasar ini adalah sembako, sayur-mayur, perlengkapan rumah tangga, daging, aneka makanan, minuman, dan jajanan pasar. Pada saat pasaran di depan pasar selalu ramai dengan sejumlah mini bus yang antar-jemput penumpang. Di depan pasar sebelah pojok timur terdapat pohon beringin besar yang sudah lama menaungi pasar ini.



Sulingi memiliki lapangan sepak bola yang luas terletak di jalan masuk arah utara. Lapangan ini merupakan lapangan yang baru menggantikan lapangan sebelumnya di selatan jalan. Lapangan Sulingi saat ini juga merupakan lapangan yang serba guna dan digunakan sebagai tempat SSB Sulingi. Rajawali Sulingi adalah tim sepak bola yang berasal dari daerah ini. Lapangan ini juga sebagai tempat menyelenggarakan berbagai pertandingan sepak bola dan acara-acara lain. Di sebelah timur lapangan ini terdapat SD N 1 Kulurejo dan di sebelah selatan terdapat sebuah PAUD.


Di Sulingi juga terdapat bangunan peninggalan kolonial Belanda, yaitu sebuah jembatan bernama Jembatan Sulingi yang terletak di sebelah selatan pasar. Jembatan ini menghubungkan desa Kulurejo kecamatan Nguntoronadi di utara dengan desa Ronggojati kecamatan Batuwarno di selatan. Jembatan ini sebenarnya adalah sebuah "talang tutup", mudahnya adalah sebuah jembatan saluran irigasi yang menyeberangi sungai bernama sungai Wiroko dan di atas saluran tersebut terdapat jalan yang berfungsi sebagai jembatan.

Kantor Kepala Desa Kulurejo terdapat di Sulingi, tepat sebelah barat pasar Sulingi. Di Sulingi juga terdapat puskesmas pembantu kecamatan Nguntoronadi dan masjid bernama Al-Ikhlas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANGUDHARASA SEPTEMBER

(Dibuat bulan September) Urutan sasi kaping sanga ing tahun Masehi. Ing tahun rongewu selikur iki ing tahun Jawa isih nemu sasi siji/sura. ...